MARSINAH


MENGENANG 19 TAHUN PEJUANG KAUM BURUH

“MARSINAH “

Semarang, LABOUR NWS

      9 mei 1993 adalah hari naas  yang dialami bagi seorang marsinah, anak desa yang lahir 10 april 1969 di Desa Nglundo, Nganjuk Jawa Timur. anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Mastin dan Sumini adalah ari golongan petani biasa. dalam usia tiga tahun Marsinah telah mengalami cobaan berat, ibundanya wafat, dan Mastin ayahandanya kemudian menikah lagi. Marsinah sendiri akhirnya diasuh oleh Poirah, neneknya. Karena menyadari keadaan ekonomi keluarga yang serba sulit,Marsinah kecil sudah menunjukkan sikap mandiri. Ia memanfaakan luang untuk berjualan makanan kecil.

       Ditengah himpitan kesulitan ekonomi , Marsinah mampu menyelesaikan sekolahnya  walaupun dengan bantuan biaya dari Pak De nya Sunardi. Ia tamat Sekolah Dasar Karang Asem 189 Nganjuk Tahun 1983, Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tahun 1986 dan Sekolah Menengah Atas Muhhamadiyah Tahun 1989. karena kecerdassan dan semangat yang tinggi akhirnya Marsinah dapat menyelesaikan sekolahnya. Ia sebelumnya ingin melanjutkan sekolah ke IKIP, karena keterbatasan biaya, akhirnya memutuskan untuk mencari pekerjaan. Dengan semangat yang tinggi i membuat lamaran pekerjaan ke berbagai perusahaan. akhirnya Ia diterima bekerja di Pabrik sepatu di Surabaya tahun 1989. tak berselang berapa lama ia bekerja di perusahaa tersebut, ia pindah ke Pabrik Arloji PT. Empat Putra Surya di Kawasan Industri Rungkut. Ketika perusahaan tersebut membuka cabang di Sidoarjo Marsinah akhirnya ikut pindah dengan perusahaan yang bernama PT. Catur Putra Surya  sebagai operator mesin. meski sedah bekerja di pabrik seorang Marsinah masih menyempatkan untuk menimba ilmu dari kursus komputer sampai dengan kursus bahasa inggris, walaupun akhirnya tak ada yang terselesaikan. ia juga pimya hobi membaca dan membuat kliping terutama masalah masalah politik. dari hobi dan kecerdasan Marsinah rupanya membuat pihak perusahaan dimana ia bekerja sempat menjadi gerah. puncak dari kekesalan perusahaan adalah pada saat terjadinya aksi demonstrasi pada tangal 5 mei 1993, yang dilakukan para pekerja dengan tuntutan upa kaum buruh dan menggalang solidaritas untuk 13 kawan kawanya yang yang terancam di PHK. pada saat demonstrasi, ketika kawan kawanya  mundur karena di halau oleh aparat, justru sebaliknya, marsinah tetap lantang menyuarakan aspirasi sebagai jurubicara aksi tersebut. ia berdiri paling depan manantang kesewenang wenangan yang dilakukan pihak perusahaan.

        Atas keberanian seorang Marsinah yang membela dan memeperjuangkan nasib kaum buruh, ia harus membayar dengan mahal, Ia ditemukan tewas dengan kondisi yang sangat memprihatinkan di hutan Wilangan, disebelah barat Nganjuk Jawa Timur tanggal 09 mei 1993. pada saat ditemukan perutnya terdapat beberapa luka tusukan benda tajam sedalam 20 cm dan di dagunya terdapat memar memar dan yang lebih tragis lagi terdapat luka robek diselaput daranya dan dibagian depan tulang kemaluannya hancur. rupanya Marsinah mengalami siksaan yang sangat  berat sebelum menemui ajalnya.

       Penderitaan dan keberanian Marsinahitu rupanya membangkitkan simpati dari berbagai elemen masyarakat baik dalam dan luar negeri, seperti dari Komite Solidaritas Untuk Marsinah yang dibentuk oleh 27 LSM, juga tak luput dari Yayasan Pusat Studi Hak Asazi Manusia(YAPUSHAM) menganugerahkan penghargaan YAP THIAM HIEN yaitu penghargaan untuk pejuang hak asazi manusia yan diberikan pada 10 Desember 1993. diharapkan dari penghargaan ini adalah semangat Marsinah akan terus menggelora di bumi Nusantara, mendobrak kesewenang wenangan kaum pemodal dan terus tetap menggelorakan perjuangan seorang Marsinah.

( AM, Sby )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s