Harapan Buruh, Peran Pemerintah Lebih Maksimal



Semarang, 15 Mei 2012

Seperti  tahun-tahun kemarin, tuntutan kaum buruh  pada tiap-tiap peringatan hari buruh yang jatuh pada 1 Mei kemarin, masih tetap sama mengusung perbaikan kehidupan kamu buruh dan harapan kepada pemerintah agar lebih maksimal. “Perjuangan buruh untuk meningkatkan kesejahteraan memang belum tercapai, karena peran pemerintah belum maksimal,” ujar Prabowo, selaku Koordinator Gerakan  Buruh Jawa Tengah (Gerbang) kepada labour news, Selasa, 1 Mei 2012 kemarin.

Masih dieprlukan peran yang lebih untuk mendorong penegakkan pelaksanaan Undang-Undang Tenaga Kerja dan pemerintah juga diharapkan bisa memproteksi pengusaha dalam rangka mempertahankan usahanya, dan iklim investasi harus dijaga pemerintah, ujarnya.

Secara terpisah,  kadisnakertransduk, Jawa Tengah, Edison Ambarusa, SE, M.Si., mengatakan, pihaknya kadang harus menghormati sebuah kesepakatan diambil antara pekerja dan pengusaha sebagai kebijakan internal mereka. Tentu sejauh tidak merugikan dari salah satu pihak, dimana pemerintah berada di posisi tengah. Ketika disinggung masalah keefektifan petugas pengawas di lapangan yang jumlahnya sekitar 120 orang, Edison Ambarusa mengakui memang tidak sebanding dengan jumlah perusahan yang mencapai puluhan ribu orang.

Namun demikian Dinas Tenaga Kerja Transduk Jaten, terus memperbaiki kondisi tersebut dengan membentuk Tim Pemantau Upah yang terdiri dari unsur pengusaha dan buruh untuk memantau pelaksanaan upah di perusahaan-perusahaan di seluruh Jawa Tengah. Dan Edison juga mengingatkan, bahwa Gubernur Jawa Tengah, telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Jamsostek agar buruh bisa terlayani lebih baik.

Lain halnya dengan Joho Wahyudi, seorang pengusaha dan mantan Ketua Apindo Jateng. “Aturan tenaga kerja saat ini belum melindungi perusahaan menengah kecil, karena aturannya memberlakukan aturan yang sama. Padahal kemampuan perusahaan besar dan kecil jelas berbeda jauh, “ungkap Mantan Ketua Apindo Jawa Tengah in. Sebagai contoh ketentuan pesangon yang sangat memberatkan perusahaan kecil. Mereka bisa menutup cost (biaya) tiap harinya sudah beruntung. Apalagi harus membayar pesangon  dengan ketentuan saat ini, jelas banyak perusahaan kecil yang tidak mampu. (ar)

One thought on “Harapan Buruh, Peran Pemerintah Lebih Maksimal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s